Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Kerumunan, Pemkot Magelang Adakan Rapid Test

(beritamagelang.com) Prosesi saat rapid test massal (foto : istimewa)

Beritamagelang.com, MAGELANG—Pemkot Magelang melaksanakan rapid test massal di beberapa area publik yakni pusat perbelanjaan di wilayahnya, hari ini (23/5/2020). Hal tersebut sebagai salah satu upaya mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono menuturkan lebih dari 300 alat rapid test dan 23 tenaga kesehatan berpakaian APD lengkap yang disiapkan guna pelaksanaan test tersebut. Mereka dibagi dibeberapa titik diKota Magelang.

”Beberapa titik yang dibuat untuk rapid test, antara lain Pasar Rejowinangun, Pasar Gotong Royong, Pusat Perbelanjaan Matahari, Departemen Store Gardena, juga pusat oleh-oleh Toko Lezat. Sasarannya adalah para pedagang dan pengunjung,” ungkapnya, hari ini (23/5/2020).

Dengan rapid test massal tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi tempat kerumunan yang ada. Dikhawatirkan nantinya menjadi klaster baru, sehingga perlu dibuktikan dengan rapid test.

”Karena banyak sekali kumpul-kumpulnya orang disini jadi kita lihat hasilnya nanti. Semoga ini bisa mengetahui kondisi yang sebenarnya dan dapat diantisipasi jika ada yang reaktif,” paparnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Rejowinangun Kota Magelang Agus Yudi Setyanto menerangkan, sejak H-14 Lebaran, pasar mengalami peningkatan aktivitas. “Bahkan H-2 kemarin lebih ramai dibanding sekarang. Kunjungan kemarin naik 100 persen, hampir ada 5.000 orang lebih,” jelasnya.

Agus mengaku, baik pedagang atau pengunjung yang tidak menggunakan masker, dilarang masuk kawasan pasar. Hal tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

”Jika para pengunjung atau pedagang yang tidak memakai masker tersebut tempat tinggalnya dekat, kami imbau untuk pulang guna mengambil masker sedangkan bagi rumahnya yang jauh atau baru pertama kali tidak memakai masker, akan diberi masker gratis,” imbuh Agus.

Selain itu, pihaknya juga menerjunkan 63 petugas pasar untuk mobile dan mengingatkan para pedagang atau pembeli tetap memakai masker. “Jika ternyata sudah lebih dari satu kali ketahuan tidak memakai masker, kami imbau mereka membeli atau tidak boleh masuk ke kawasan pasar. Ada penjagaan di dua pintu masuk utama,” pungkasnya. (Mifta)

7 thoughts on “Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Kerumunan, Pemkot Magelang Adakan Rapid Test

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: