Begini Tips Hindari Dehidrasi Selama Puasa

(beritamagelang.com) Menyiapkan air putih untuk sahur dan buka puasa ( Foto : Internet)

beritamagelang.com, NASIONAL—Selama bulan Ramadan, umat islam melaksanakan ibadah puasa dari lepas imsak hingga adzan maghrib atau waktu berbuka puasa. Di Indonesia sendiri waktu puasa sekitar 13 jam.

Tidak menutup kemungkinan anda akan dehidrasi sebab sekitar 70 persen komposisi tubuh manusia dewasa adalah air. Serta dianjurkan perharinya anda minum dua liter air atau delapan gelas.

Untuk itu beritamagelang.com menghimpun beberapa tips agar anda terhindar dari dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa. Berikut himpunannya yang dapat diterapkan :

Mengatur Waktu

Guna memenuhi kebutuhan cairan, anda dianjurkan minum dua liter atau delapan gelas perharinya. Namun karena sedang melaksanakan ibadah puasa, anda dapat menganturnya dengan membagi ketika buka puasa hingga masuk waktu sahur.

Hindari Konsumsi Minuman Berkafein

Bagi anda yang terbiasa minuman berkafein seperti kopi dan teh, sebaiknya memulai untuk menguranginya selama bulan Ramadan. Sebab minuman berkafein bersifat diuretik yakni meningkatkan pengeluaran kencing.

Saat berpuasa, efek diuretik tidak dapat diseimbangkan dengan asupan cairan yang cukup sehingga berpotensi menyebabkan dehidrasi.

Baca juga : Pendemi, Ini Tips Makanan Buka Puasa

Hindari Minuman Dengan Gula Tinggi

Minuman dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan rasa haus. Anda bisa mencoba meminum infused water yang dibuat dari aneka buah sesuai selera.

Batasi Konsumsi Mengandung Garam Tinggi

Makanan yang mengandung garam tinggi dapat meningkatkan rasa haus. Dapat diganti dengan perbanyak makan sayur, buah atau makan berkuah.

Anda dapat mencoba perbanyak konsumsi sayur dan buah karena secara alami mengandung jumlah cairan yang banyak. Contohnya semangka, timun, tomat, anggur, dan lain-lain.

Kurangi Beraktifitas di Luar Ruangan Saat Siang Hari

Ketika anda berpuasa, sebaiknya kurangi aktivitas diluar ruangan siang hari untuk mencegah hilangnya cairan melalui keringat.

Itulah beberapa tips agar anda terhindar dari dehidrasi saat menjalankan puasa. (Mifta)

1 thought on “Begini Tips Hindari Dehidrasi Selama Puasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: