Empat Makam Ulama Besar di Magelang, Ini Daftarnya

BeritaMagelang,MUNGKID— Wisata religi di Magelang banyak dijumpai adalah makam makam ulama dan wali Allah. Setiap harinya banyak didatangi peziarah.

Borobudurnews mencoba mereview empat lokasi wisata religi di Magelang. Semuanya adalah makam ulama besar.

1. Syeh Subakir dari Gunung Tidar

TIDAR : Wisata Religi makam Syeh Subakir di puncak bukit tidar kota magelang (Foto:internet)
TIDAR : Wisata Religi makam Syeh Subakir di puncak bukit tidar kota magelang (Foto:internet)

Pada zaman dahulu di yakini bahwa gunung tidar adalah tempat tinggalnya para jin hingga tidak ada satu pun manusia yang tinggal di daerah hutan tersebut. Karena setiap ada manusia akan menjadi mangsa para jin. Kiai semar merupakan jin yang sangat seran dan kejam dia selalu memerintahkan anak buahnya untuk memakan manusia yang berani menginjakkan kaki di daerah gunung tersebut.

Konon pusatnya tanah jawa di gunung tidar,karena di situlah paku bumi di tancap kan dan menjadi markas setan dan jin kafir.

Beberapa kali orang timur tengah di utus untuk berdakwah di tanah jawa namun sayang mereka gugur dan akhirnya di utuslah wali sembilan periode 1 dan syeh subakir termasuk dari salah satu tersebut.

Syeh subakir berasal dari iran yang mendapat utusan dari sultan muhammad 1 untuk berdakwah di pulau jawa dan memperluas agama islam. Beliau ke pulau jawa membawa beberapa orang namun mereka tidak bisa bertahan hidup selama 40 hari.

Syeh subakir pun kembali ke timur tengah untuk mengambil tombak sakti yang di beri nama kiai sepanjang. Tidak lama kemudian beliau datang kembali ke pulau jawa dan beberapa pasangan.

Setelah sampai di sekitar gunung tidar beliau bersama rombongannya menginap sementara di desa trunan dalam arti sebagai turun temurunya pasangan mereka.

Syeh subakir pun naik ke atas gunung tidar sambil membawa tombak sakti dan menancapkan di puncak  untuk bertawasul supaya para jin tersebut bisa kalah. Dan muncul rasa panas setan dan jin pun kepanasan lalu lari menuju arah timur tepatnya di gunung Merapi yang di yakini masih angker sampai sekarang dan ada juga lari ke alas Roban.

Setelah itu di bukalah Magelang yang aman tanpa ada gangguan makhluk halus. Dan tombak kiai sepanjang di kubur puncak gunung tidar.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: