Hujan Es Terjadi di Temanggung, Ini Dampaknya

ES : Hujan es melanda sebagian wilayah di Temanggung, kemarin sore. FOTO : MEDCOM

BeritaMagelang,  TEMANGGUNG— Hujan es melanda sebagian wilayah Kabupaten Temanggung, kemarin sore (2/12). Beberapa rumah dilaporkan rusak akibat terpaan hujan es tersebut.

Informasi yang dihimpun beritamagelang.com, hujan es terjadi, kemarin sore sekitar pukul 15.00 sore. Terjadi di sebagian wilayah Temanggung. Usai

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi menyampaikan hujan es adalah kejadian langka di Kelurahan Madureso. Dia menambahkan angin kecang mengakibatkan pohon tumbang terjadi di jalan lingkar selatan Temanggung arah Pikatan.

“Kami masih mendata jumlah kerusakan yang dialami warga. Data yang kami peroleh sementara di Kelurahan Madureso terdapat empat rumah rusak di bagian atap, selain itu di Desa Gedekan Kecamatan Tlogomulyo juga terdapat satu rumah rusak akibat angin kencang,” katanya.

Dia menuturkan warga langsung bekerja bakti membenahi atap yang gentingnya terbawa angin usai hujan reda. Sejumlah warga juga menyingkirkan pohon tumbang yang menutup badan jalan.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, Tuban Wiyoso, mengatakan fenomena hujan es biasa terjadi pada awal musim hujan. Hujan, kata dia, bersifat lokal.

“Terjadi awan comulonimbus, berupa awan vertikal yang menjulang tinggi, sifatnya lokal, karena menjulang tinggi sampai level beku dan ketika jatuh menjadi butiran es,” katanya. (*)

PENULIS : Adi Prasetyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: