Inilah Pemenang Sayembara Desain MAJT di Magelang

(beritamagelang.com) Design pemenang MAJT Magelang (foto : internet)

beritamagelang.com, JATENG—Setelah terpilih tiga calon pemenang Sayembara desain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Magelang akhirnya sudah ditentukan satu pemenang. Yakni Arsitek muda asal Bandung Jawa Barat, Ade Yuridianto kode desain MAJT 012.

Ketua tim juri sayembara MAJT Magelang, Prof Totok Roesmanto menuturkan, sebelumnya ada tiga calon dan saat ini sudah ditentukan urutan juaranya.  MAJT 012 asal Bandung juara satu, MAJT 082 asal Malang juara dua dan desain MAJT 062 dari Jogjakarta juara tiga.

”Masing-masing finalis memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi penilaian tetap mengacu pada indikator tata bangunan Islami, tata ruang Islami, inovasi bentuk, respek terhadap green architecture, kewajaran konstruksi dan interior Islami,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, dewan juri cukup alot dalam menentukan juaranya, dimulai saat enam besar kemudian tiga besar hingga penentuan pemenangnya. ”Setelah penentuan yang cukup alot akhirnya disepakati desain MAJT 012 adalah pemenangnya,” paparnya.

Lanjut dia, dari segi keindahan dan fungsi hampir semua karya menyajikan keunggulan yang sama. Namun design dari Ade adalah bentuk atap Tajug yang melengkung ke belakang, menurut dewan juri itu inovasi bentuk atap masjid Jawa.

Bentuk tersebut mengembangkan bangunan dasar peribadatan di Jawa beratap tajug. Yakni biasanya lincip ke atas, desain itu baru karena ditarik ke belakang dan puncaknya agak ke belakang.

”Ini hal baru dalam bentuk tempat peribadatan di Jawa, namun orang melihat sekilas saja sudah tahu kalau itu masjid,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan agar bangunan MAJT Magelang tidak asal-asalan. Sehingga apabila desain itu diaplikasikan dalam bentuk bangunan, diperlukan perbaikan-perbaikan. (Mifta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: