Inspiratif.. Komunitas Petani Lereng Merbabu Sodaqoh Sayur

(beritamagelang.com) Penyaluran sodaqoh sayur (Foto : Istimewa)

beritamagelang.com,  MAGELANG –  Berbagai cara dilakukan masyarakat di Magelang untuk meringankan beban warga yang perekonomiannya terdampak covid-19. Salah satunya, dermawan komunitas Santri Lomo Ngablak membagikan bantuan berupa paket sayuran kepada warga.

Koordinator kegiatan, Giyanto, 38 bersama komunitasnya dari Dusun Tanggulangin, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak melaksanakan bakti sosial setiap hari jum,at. Total bantuan yang disalurkan sebanyak 400 hingga 600 paket sayuran. Terdiri dari kol, sawi putih, timun, cabai, tomat, labu siam, buncis dan lainnya.

“Kebetulan kita tinggal di daerah pegunungan yang mayoritas penduduknya adalah petani sayur sehingga kita berinisiatif untuk membantu beban saudara kita.  Karena lebih mudah untuk mengumpulkan sayur untuk shodaqoh sayur,” ucapnya (2/5/2020).

Baca juga : Ada Tiga Klaster Terbesar Penyebaran Covid 19 di Yogyakarta

Kegiatan ini sudah diadakan sebanyak empat kali dan kami salurkan di beberapa desa di Magelang dan daerah-daerah lain. Diantaranya, area Salatiga,  area Solo, Muntilan, Mungkid, Mertoyudan dan Candimulyo.

“Kami salurkan dengan keliling ke kampung-kampung. Juga pernah masuk ke pos penyalur bantuan, misal ke muntilan kita masuk ke “solidaritas pangan magelang” yang nantinya langsung dibagikan ke warga,” kata dia.

Tak hanya paket sayuran yang dibagikan, adapun masker yang dibagikan kepada masyarakat. Diungkapkan, Santri Lomo memiliki arti yakni Lomo kepanjangan dari loro limo yang artinya 25 anggota. Lomo juga punya arti dermawan.

Giyanto berharap, semoga sodaqoh yang kami salurkan lebih bermanfaat. Dan program kami makin berkembang dan makin banyak dermawan yang bisa bekerja sama dengan kami. (fahrur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: