Jangan Biasakan Tidur Setelah Makan Sahur, Simak Penjelasannya

(beritamagelang.com) Ilustrasi tidur setelah makan sahur (Foto : Internet)

beritamagelang.com, NASIONAL – Sahur merupakan suatu aktivitas makan pada pagi hari untuk menjalankan puasa Ramadan. Sahur memang tidak di wajibkan, namun alangkah baiknya kita dapat menikmati makanan sahur karena disitulah terdapat keberkahan yang luar biasa.


Makan sahur juga dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh untuk melakukan aktivitas di siang harinya tentunya dengan pola makan yang pas dan teratur. Selain itu juga kebanyakan orang hanya membiasakan tidur setelah makan sahur mungkin dari beberapa faktor yang berbeda-beda setiap orang.


Tidur setelah sahur tidak bagus untuk di terapkan secara berkala dari itu semua banyak faktor mungkin dapat menimbulkan suatu yang tidak sehat didalam tubuh kita. Kebiasaan tidur setelah makan sahur ternyata dapat menyebabkan beberapa penyakit yang dapat menyerang tubuh kita di antaranya :

Heartburn
Tidur setelah sahur memang terasa sangat nyaman karea pada posisi perut yang terisi menyebabkan kita dengan mudah untuk tidur kembali, tetapi heartburn dapat terjadi karena produksi asam lambung berlebihan yang menyebar dari lambung naik ke tenggorokan atau dada.

Asam lambung yang menuju bagian organ atas menyebabkan sendawa dan terasa asam di mulut. Sakit maag juga terkait dengan bersendawa sehingga membuat anda tidur lebih nyenyak. Kondisi ini dimana dada terasa panas dan perih seperti terbakar.

Stroke

Sebuah penelitian di Yunani yang menyimpulkan bahwa tidur setelah sahur menyebabkan resiko terkena stroke. Penelitian yang mencangkup sekitar 500 peserta yang 250 di antaranya mengalami stroke sebelumnya, sementara 250 yang lainnya didiagnosis dengan kondisi medis sebagai Sindrom Coroner Akurt.

Sementara penelitian lainnya, ketika tubuh bekerja keras mencerna makanan , ada kemungkinan peningkatan tekanan darah , gula darah dan kolesterol yang mengarah pada peningkatan resiko terkena stroke.

Baca Juga :Masa Belajar di Rumah Bagi Siswa Kota Magelang Hingga 16 mei

Lemak tubuh menimbun

Tidur setelah sahur juga dapat menyebabkan obesitas hingga dua kali lipat, ini karena makanan yang masuk ke perut tidak langsung di cerna oleh lambung ketika anda terlelap. Kalori makanan tersebut justru akan disimpan dalam bentuk lemak. Apalagi jika menu makanan sahur anda adalah gorengan,tinggi karbohidrat dan lemak.

Jeremy Barnes, professor dari Southeast Missouri State University menjelaskan ketika kita tidur , otak justru merangsang lambung untuk meningkatkan kadar hormone grehlin yang membuat kita merasa lebih lapar ketika bangun.

Diare atau sembelit

Normalnya, dua jam setelah makanan dicerna lambung akan kosong. Sisa makanan akan berpindah ke usus dan di padatkan menjadi fases. Tetapi tidur setelah makan sahur dapat melambatkan proses pencernaan sehingga makanan akan terlalu lama di dalam perut.

Timbunan mkanan dalam perut yang tidak kunjung dicerna bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit , tergantung pada jenis makanan apa yang masuk pada dalam tubuh kita. (fahrur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: