Kemenag Sleman Imbau Umat Islam Ibadah Di Rumah Selama Ramadhan

(Berita Magelang) Selama Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman DIY mengimbau umat Islam beribadah di rumah

Beritamagelang.com, SLEMAN— Selama Ramadhan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman DIY mengimbau umat Islam beribadah di rumah. Langkah itu sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala Kemenag Sleman Sa’ban Nuroni menuturkan kegiatan peribadahan dapat dilaksanakan dirumah masing-masing. Antara lain shalat tarawih, buka puasa, sahur dan tadarus Al-Quran.

”Ini hanya sebagai imbauan saja, tidak ada sanksi. Namun sebaiknya dijadikan pertimbangan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya  hari ini (16/4/2020).

Zakat fitrah dapat dibayarkan sebelum hari pertama puasa. Sehingga dapat segera didistibusikan kepada yang berhak. Selanjutnya shalat Idul Fitri juga ditiadakan selama masih pendemi Covid-19. Begitu juga halal bihalal dapat dilaksanakan melalui telephone atau media sosial.

”Kegiatan lain yang mengumpulkan kerumunan juga tidak perlu dilakukan. Seperti takbiran keliling bisa dilaksanakan di Masjid atau Mushala dengan pengeras suara ,” tandasnya.

Sa’ban mengaku panduan tersebut sebagai imbauan saja. Bila pandemi Covid-19  berangsur membaik dan dinyatakan aman maka warga dapat melaksanakan ibadah seperti sedia kala.

 “Kami memberikan edukasi mengacu pada peran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di DIY,” ucapnya.

Tambahnya, penetapan 1 Ramadhan 2020 di kalangan Muhammadiyah pada hari Jumat 24 April mendatang. Sedangkan dari Nahdlatul Ulama (NU) masih menunggu hasil rukyatul pada Kamis 23 April mendatang. (mhj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: