Kementrian Pertahanan Rencanakan Program Bela Negara Untuk Pelajar dan Mahasiswa, Seperti Apa ?

(beritamagelang.com) Ilustrasi (foto : internet)

beritamagelang.com, NASIONAL – Kementrian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto akan mengusulkan format program bela negara untuk pelajar dan mahasiswa. Hal tersebut penting lantaran ingin kecintaan anak-anak muda Indonesia terhadap negaranya.

Wakil Menteri Pertahanan, Wahyu Sakti Trenggono mengatakan saat ini pihaknya sudah menemukan format yang sesuai untuk program bela negara di perguruan tinggi. Dalam rancangannya, para mahasiswa bisa ikut pendidikan bela negara selama satu semester.

“Bukan militer, tapi latihan bela negara. Tapi seolah mirip militer, tapi bukan. Itu latihan disiplin ketangkasan dan lain-lain,” kata Wahyu, Rabu (19/8/2020).

Rencana program bela negara juga diwacanakan untuk pelajar SMA hingga usia dini. Untuk usia dini, Kemhan merumuskan adanya peran orang tua yang dapat ikut terlibat dalam program tersebut.

Peran orang tua tersebut misalnya memberikan dongeng kepada anak-anak usia dini soal budaya dan sejarah Indonesia. “Kenapa? Karena pada menjelang tidur lah hal yang dia bisa masuk ke otak kecilnya,” ujarnya.

Baca juga : Perusahaan Tambang Asal Magelang Dapat Penghargaan Praktik Tambang Terbaik Jateng 2020

Sedangkan untuk model program bela negara untuk pelajar SMP dan SMA disebutkannya masih tengah dirancang. Menurutnya hal tersebut penting lantaran ingin kecintaan anak-anak muda Indonesia terhadap negaranya tidak hanya sebatas perkataan saja.

Menurutnya hal tersebut penting lantaran ingin kecintaan anak-anak muda Indonesia terhadap negaranya tidak hanya sebatas perkataan saja.

“Misalnya perilaku, wah, saya walaupun saya punya uang tapi bagaimana saya menggerakan, misalnya saya mau beli pakaian, sepatu, dan sebagainya itu dari produk Indonesia.” pungkasnya.

1 thought on “Kementrian Pertahanan Rencanakan Program Bela Negara Untuk Pelajar dan Mahasiswa, Seperti Apa ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: