Kian Masif, Positif Corona di Wonosobo Meningkat

(beritamagelang.com) ILUSTRASI : Penanganan pasien oleh tim medis (Foto : Internet)

beritamagelang.com, WONOSOBO—Penyebaran Covid-19 di zona merah Kabupaten Wonosobo kian masif. Jumlah pasien terkonfirmasi bertambah delapan orang, sehingga perhari kemarin (1/5/2020) jumlah total positif terkonfirmasi melonjak jadi 37 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonosobo dr Mohammad Riyatno menuturkan sebelumnya jumlah komulatif ada 29 orang. Bertambah delapan orang menjadi 37 orang positif terkonfirmasi.

”Dari jumlah tersebut, lima orang diantaranya dinyatakan sembuh,” ungkapnya kemarin (1/5/2020).

Baca juga : Membaik, Dua Pasien Positif di Magelang Boleh Pulang

Dia menjelaskan, riwayat dari delapan orang itu merupakan klaster baru. Yakni enam orang warga Kecamatan Kaliwiro merupakan kasus dari klaster Kalimantan, satu orang warga Kecamatan Wadaslintang kasus dari klaster Jakarta, dan satu orang lainnya warga Kecamatan Kepil kasus dari klaster Magelang.

”Untuk PDP sampai saat ini ada 121 orang, diantaranya 85 orang positif hasil rapidtest. Kemudian 35 orang dinyatakan sembuh dan satu orang PDP meninggal. Dengan tingginya jumlah PDP ada indikasi masih berpotensinya pasien positif terkonfirmasi bertambah,” jelas Riyatno.

Sedangkan jumlah kasus ODP mencapai 2.261 orang dengan 1.901 orang diantaranya telah selesai menjalani pemantauan dan masih ada ODP 360 orang. Dengan adanya penambahan kasus baru Covid-19 secara signifikan, warga diimbau lebih mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

”Seperti tetap berada di rumah, mengurangi interaksi fisik dengan warga lain, mengenakan masker di luar rumah, serta disiplin menjaga kebersihan dengan cuci tangan pakai sabun setiap beraktivitas,” tandasnya.

Tambah Riyatno, masyarakat untuk lebih jujur dan membuka diri kepada petugas pendataan ketika memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit.  Karena tidak menutup kemungkinan bisa menjadi media penular bagi masyarakat sekitar.

“Jangan merasa diri sehat dan kuat karena bisa jadi terjangkit Covid-19. Jujurlah pada petugas, jangan sampai anda menjadi agen penular atau bahkan tertular,” pungkasnya. (Mifta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: