Manfaat dan Kekurangan Jamur Enoki yang Disebut Mengandung Bakteri Listeria

(beritamagelang.com) Enoki Mushroom (Foto : Internet)

beritamagelang.com, KESEHATAN – Jamur Enoki merupakan bahan makanan yang sering digunakan dalam masakan Jepang dan Korea Selatan. Namun, baru-baru ini beredar isu jamur enoki akan ditarik peredarannya akibat mengandung bakteri Listeria didalamnya.

Apa itu bakteri Listeria dan bagaimana mencegahnya ?

Listeria monocytogenes adalah spesies bakteri patogen penyebab penyakit yang bisa ditemukan di lingkungan lembab, seperti tanah, air, vegetasi yang membusuk, dan hewan. Bahkan bakteri ini bisa hidup di suhu dingin dan tindakan pengawetan makanan lainnya.

Saat seseorang mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi Listeria monocytogenes, bisa menyebabkan penyakit yang disebut listeria atau listeriosis. Mengutip dari laman resmi Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, ada berbagai gejala listeriosis yang muncul, tergantung pada keparahan penyakitnya.

Gejala ringan yang bisa muncul, seperti demam, nyeri otot, mual, muntah, dan diare. Gejala ini bisa berkembang, seperti sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, dan kejang-kejang.

Sementara untuk mencegah infeksi penyakit ini. Bisa dengan memperlambat pertumbuhan bakteri L. monocytogenes dengan mengatur kulkas hingga 4 derajat Celcius dan freezer hingga -18 derajat Celcius.

Baca juga : Kinerja Menteri Biasa-Biasa Saja, Jokowi Ancam Reshuffle Kabinet

Adapun cara-caranya, yakni rutin membersihkan isi kulkas, bersihkan noda dan kotoran yang ada di dalam kulkas. Dan mencuci tangan dengan air hangat dengan menggunakan sabun selama 20 detik.

Jamur enoki merupakan jamur yang rendah kalori, mengandung protein, vitamin, mineral, asam lemak tak jenuh dan serat yang baik untuk tubuh. Sehingga ada banyak manfaat ketika anda mengonsumsi jamur ini.

Diantaranya, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko kanker , mengurangi resiko diabetes, meningkatkan kesehatan pencernaan. Mengatasi tekanan darah tinggi, mengurangi kolesterol tinnggi, kaya vitamin dan mineral, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: