Masuk Sleman, Mahasiswa Luar DIY Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

(beritamagelang.com) Ilustrasi (Foto : internet)

beritamagelang.com, SLEMAN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman membuat kebijakan untuk seluruh warga yang kembali ke wilayah Sleman. Yakni wajib menyertakan surat hasil rapid test non reaktif dari daerah asal.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo, menuturkan ketentuan tersebut juga berlaku bagi mahasiswa atau calon mahasiswa baru. Keberadaan surat keterangan bebas Covid-19 bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

”Surat keterangan bebas Covid-19 tersebut minimal satu kali dengan hasil uji rapid test di daerah asal. Ini berlaku bagi seluruh yang masuk Sleman dan juga menjadi prasyarat bagi calon mahasiswa baru maupun lama,” ungkapnya, kemarin (27/5/2020).

Dia menjelaskan, surat keterangan bagi mahasiswa itu tidak seketat Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) seperti yang diberlakukan di DKI Jakarta. “Mekanismenya nanti, rapid test untuk mahasiswa dan calon mahasiswa akan dilakukan oleh perguruan tinggi, kalau reaktif, tidak diperbolehkan ke Sleman. Nanti kami meminta laporan dari masing-masing,” jelasnya.

Tambah Joko, kasus Covid-19 di Sleman saat ini sudah terkendali, kasus baru yang muncul sangat sedikit. Sehingga Pemkab ingin mempertahankan status tersebut dengan salah satu caranya adalah, masyarakat kembali masuk ke Sleman harus berstatus non reaktif Covid-19.

”Namun demikian, bagi mahasiswa atau calon mahasiswa baru asal DIY tidak diwajibkan membawa surat keterangan tersebut,” tandasnya.

Pakar epidemiologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Riris Andono Ahmad sebelumnya memberikan tiga saran kepada Pemkab Sleman terkait kondisi Covid-19. Pemkab perlu mengeluarkan kebijakan guna mengendalikan pemudik, terutama dari daerah episentrum.

“Ada dua gelombang yang perlu diperhatikan Pemkab Sleman, yakni munculnya gelombang pasca-Lebaran dan gelombang saat penerimaan mahasiswa baru,” pungkasnya. (Mifta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: