Masuk Terminal Yogya Penumpang Luar Kota Wajib Bawa Surat Sehat

(beritamagelang) Ilustrasi penumpang turun bus langsung diberikan handsanitizer (Foto : Internet)

beritamagelang, YOGYAKARTA—Penumpang bus Antar Kota  Antar Provinsi (AKAP) yang turun di terminal wilayah Yogyakarta harus menunjukkan surat keterangan sehat dari daerah asal. Hal tersebut sebagai upaya dalam menanggulangi penyebaran Covid-19.

Menurut Kepala Seksi Angkutan dan Terminal Bidang Transportasi Dishub Sleman Tetty Tamiyati, ada empat terminal yang perlu diawasi. Yaitu Terminal Jombor, Terminal Giwangan,Terminal Wates dan Terminal Gunung Kidul.

“Bus AKAP diimbau untuk menurunkan penumpang hanya di terminal, sehingga dapat segera ditindaklanjuti sesuai protokol kesehatan,” ungkapnya, hari ini (20/4/2020)..

Baca juga : Sehari Petugas Ber Apd Makamkan Dua Warga Magelang

Sementara itu, Kepala UPT Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran Dishub DIY Arief Rachman Hakim mengatakan pihaknya terus melaksanakan protokol sesuasi ketetapan pemerintah. Penumpang diminta menunjukkan surat keterangan sehat terutama dari zona merah Covid-19.

”Jika penumpang tidak dapat menunjukkan surat kesehatannya, maka kami akan langsung melakukan pemeriksaan awal dengan pengukuran suhu tubuh,” imbuh dia.

Diakuinya, hingga saat ini belum menemukan kasus penumpang dengan gelaja indikasi Covid-19. Namun pihaknya akan terus melakukan protokol kesehatan hingga situasi dinyatakan aman oleh pemerintah.

”Bahkan protokol sudah kami berlakukan sebelum Jakarta menerapkan PSBB.  Menurut data kami, sejak penerapan PSBB belum ada penumpang turun di Teminal Jombor dan Wates berasal dari Jabodetabek,” papar Arief.

Baca juga : Kabar Hari Ini 76 Pasien di Kabupaten Magelang Sembuh

Selanjutnya, Dishub DIY akan mendirikan posko di terminal-terminal guna memonitoring penumpang bus. Posko tersebut akan bekerjasama dengan TNI, Polri dan Dinas Kesehatan .

”Saat ini masih dalam proses administrasi guna pembangunannya,” kata dia. (mifta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: