Menengok Bekas Kampus UGM di Magelang yang Kini Mangkrak

BUKTI : Sebuah tugu didirikan di bekas kampus UGM Magelang. FOTO : INTERNET)

BeritaMagelang, MAGELANG— Kota Magelang pernah dipercaya menjadi bagian pelebaran sayap kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta. Bangunan yang didirikan pada 1962 itu pernah menjadi cabang UGM Magelang.

Informasi yang dihimpun beritamagelang, kampus iutu pernah aktif di era 1980an. Kini bangunanya mangkrak dan hanya menyisakan beberapa saja.

Bangunan bekas kampus UGM cabang Magelang berlokasi di Kompleks Bakorwil II Magelang seluas 600 meter persegi itu kini telah dikembalikan asetnya ke Pemprov Jawa Tengah. Penyerahan aset senilai Rp 121.248.000 ini dilakukan dalam rangka alih status kepemilikan dan penggunaan barang milik UGM kepada Pemprov Jawa Tengah pada 2007 lalu.

Di kampus UGM Magelang pernah difungsikan sebagai tempat belajar sejumlah fakultas. Mulai Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik. Setelah tahun 1980-an aktivitas perkuliahan disatukan di kampus UGM Yogyakarta sehingga bangunan tersebut tidak dipergunakan lagi.

Selama di Magelang sudah ada sekitar 1855 mahasiswa yang pernah menjalani kependidikannya do kampus ini. Hal tersebut menjadi bukti UGM Magelang pernah menjadi tempat pendidikan ternama di kawasan Jawa Tengah.

Di kawasan itu, juga dibangun sebuah monument sebagai prasasti. Saat ini, bagian itu masih ada dan tegak berdiri. Monumen itu diresmikan pada tanggal 14 april 2007. (*)

PENULIS : Miftahuddin

BACA : TRADISI WETON JAWA UNTUK TENTUKAN PASANGAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: