Mengenang Pejuang Emansipasi Perempuan, Berikut Fakta-Fakta RA Kartini

(beritamagelang) Raden Ajeng Kartini (Foto : Internet)

beritamagelang.com, NASIONAL—Setiap tanggal 21 April selalu diperingati oleh rakyat Indonesia sebagai hari Kartini. Sebab pada tanggal itu sang pejuang emansipasi perempuan dari Jepara tersebut lahir.

Tidak dapat dipungkiri bahwa jasa Raden Ajeng (R.A) Kartini sangat besar dalam memperjuangkan kesetaraan hak perempuan dimasanya.Dirinya ingin membuktikan bahwa perempuan tidak hanya ”konco wingking” maksudnya perempuan hanya pelengkap rumah tangga yang posisinya dibelakang. Hanya boleh mengurus masalah dapur, sumur dan kasur.

Dengan perjuangan R.A Kartini yang sangat berjasa, beritamagelang.com merangkum beberapa fakta-fakta kehidupan Kartini. Berikut fakta-faktanya :

Memiliki Darah Bangsawan dan Ulama

Kartini memiliki Ayah seorang Bupati Jepara yang memiliki hgaris keturunan dari Hamengkubuwana IV. Sang Ayah bernama Mas Adipati Ario Sosroningrat. Sedangkan Ibundanya, M.A Ngasirah merupakan putri dari ulama ternama di Jepara yaitu Kyai Haji Madirono dan Nyai Haji Siti Aminah.

Baca juga : Siaga Corona Pemkot Magelang Bentuk Satgas Hingga Tingkat RT

Gemar Membaca

Diketahui, Kartini pandai berbahasa Belanda. Dirinya banyak membaca berbagai buku dan surat kabar. Antara lain surat kabar Semarang De Locomotief, majalah kebudayaan dan ilmu pengetahuan, dan majalah wanita Belanda berjudul De Hollandsche Lelie.

Serta membaca buku Max Havelaar dan Surat-Surat Cinta karya Multatuli. Tak hanya itu, Kartini juga membaca sejumlah buku roman-feminis.

Karya Kartini ”Habis Gelap Terbitlah Terang” Awalnya Bukan Sebuah Buku

Karya tersebut aslinya adalah kumpulan surat-surat Kartini yang dikirimkan kepada sahabatnya J.H. Abendanon di Belanda. Surat tersebut dibukukan kemudian diberi judul ”Door Duisternis Tot Licht” yang artinya ”Dari Gelap Menuju Cahaya”

Baca juga : Baru Keluar Penjara Warga Grabag Kembali Diringkus Polisi

Nama Kartini Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Belanda

Di Belanda, ada empat nama jalan yang penamaannya menggunakan R.A. Kartini. Yaitu Kartinistraat di Utrecht, R.A. Kartinistraat di Venlo, jalan Raden Ajeng Kartini di Amsterdam, serta jalan Kartini di Haarlem yang letaknya dekat dengan jalan Mohammed Hatta, Sutan Sjahrir, dan jalan Chris Soumokil. (Mifta)

1 thought on “Mengenang Pejuang Emansipasi Perempuan, Berikut Fakta-Fakta RA Kartini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: