Napi Asimilasi Kembali Ditangkap Usai Curi Motor di Yogyakarta

(beritamagelang.com) Ilustrasi saat mencoba mencuri motor (Foto : Internet)

beritamagelang.com, YOGYAKARTA—Napi  berinisial RB (26) yang mendapat program asimilasi kembali ditangkap  usai melakukan aksi pencurian. Motor jenis Yamaha RX King berhasil dicurinya di Kelurahan Pakuncen Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta pada 18 April 2020 dini hari.

Menurut Kapolsek Wirobrajan Kompol Endang Sri Widiyanti, RB merupakan napi asimilasi yang keluar pada 2 April lalu. Dia keluar dari  lembaga pemasyarakatan (Lapas) Wirogunan Yogyakarta kelas II A.

”Baru dua minggu yang bersangkutan ini keluar dan ditangkap lagi karena kasus pencurian,” ungkapnya, kemarin (27/4/2020).

Pelaku mengaku aksinya berawal  saat ia dan teman-temannya memancing di sungai dekat dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada 17 April 2020. Selesai memancing, dia melihat motor kemudian muncul niatnya untuk membawa pulang motor tersebut.

Dia berhasil membawa motor itu menggunakan kunci palsu, kemudian langsung membawa kabur hasil curiannya. Namun motor itu tidak dijual melainkan di modifikasi agar tidak ketahuan hasil curian.

”Saudara RB ini berdalih menyukai  motor Yamaha RX King tersebut  sehingga nekat mencurinya,” jelas  Endang.

Dia menjelaskan, pelaku mengganti tangki asli motor dengan tangki lain dan mengganti warna motor yang semula berwarna hitam menjadi warna hijau dengan cat pilox. Kemudian mempostingnya di Facebook miliknya.

Baca juga : Pendemi, Ini Tips Makanan Buka Puasa

”Sang pemilik motor, Apriyadi warga Kelurahan Pakuncen itu melihat unggahan pelaku karena kebetulan keduanya berteman di Facebook. Setelah itu pelaku melapor ke Polsek Wirobrajan,” jelasnya.

Setelah mendapat laporan pihak kepolisian melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku pada Sabtu (25/4/2020) di rumahnya tanpa perlawanan. Atas perbuatannya,  RB dikenakan pasal 363 KUHP pencurian kendaraan bermotor ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Mifta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: