Pasien Berbohong, 7 Tenaga Medis di Salatiga Wajib Isolasi Diri

(beritamagelang.com) Penanganan pasien oleh tim medis (Foto : Internet)

Beritamagelang.com, SALATIGA— Tujuh tenaga medis di RSP dr Ario Wirawan, Salatiga, Jawa Tengah di tetapkan Orang Tanpa Gejala (OTG). Setelah menangani pasien tidak jujur tanpa menggunakan APD lengkap.

Saat ini sedang melakukan isolasi selama 14 hari sejak Selasa (14/4/2020) lalu. Dengan begitu diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Siti Zuraidah mengaku menetapkan 7 orang tersebut sebagai OTG. Sebab tidak menunjukkan gelaja namun pernah berkontak erat dengan pasien positif Covid-19.

”Berdasar tracking, ada 47 OTG yang berkontak dengan pasien positif ketiga itu hingga Selasa (14/4/2020) dan tujuh orang diantarannya dari adalah tenaga kesehatan RSPAW Salatiga,” ungkapnya hari ini (17/4/2020).

Terdata pasien ketiga itu merupakan perempuan 62 tahun. Sebelumnya ditetapkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).  Dan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Senin (13/4/2020) setelah hasil tes swab keluar.

”Pasien positif ini tidak berhubungan dengan dua pasien sebelumnya. Kondisi berbeda dengan pasien positif kedua yang sempat menjalin kontak dengan pasien positif pertama,” pungkasnya.

Pasien tidak mengatakan baru kembali dari Eropa sejak pemeriksaan awal di RSPAW.  Informasi pasien sempat pergi ke Italia dan Bali didapatkan dari sang anak.

Menyebabkan tenaga kesehatan yang menangani pasien di awal pemeriksaan tidak mengenakan APD lengkap. Sebagaimana mestinya menghadapi pasien terduga Covid-19.

”Dua wilayah itu adalah kawasan pendemi Covid-19. Sehingga membuat kami repot jika pasien tidak jujur,” pungkas Zuraidah. (mhj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: