Patok Rel Kereta Api Mulai Banyak Ditemukan di Magelang Tanpa Ijin

PATOK : Sejumlah warga mendapati patok Rel Kereta Api di Salam tanpa ijin pemilik tanah. FOTO : FACEBOOK)

BeritaMagelang, SALAM— Sejumlah patok rel kereta api mulai dipasang diwilayah Kabupaten Magelang. Diantaranya ada di Kecamatan Mungkid, Muntilan dan Salam.

Sejumlah warga melaporkan menemukan patok baru PT KAI di beberapa wilayah. “Ada patok rel kereta api di Desa Sucen Salam,” kata Bambang salah satu warga.

Patok itu, kata dia dipasang di beberapa tempat. Melintasi kawasan perkebunan dan juga persawahan. “Kalau di Mungkid  sekitaran Palbapang ada di beberapa dekat pesawahan,” kata Amtono, warga lainnya.

Meski demikian, tak ada satupun warga yang diberitahu pemasangan patok tersebut. Sehingga bisa dipastikan pemasangan patok tidak melalui proses ijin pemilik tanah.

Untuk diketahui, Kementrian Perhubungan bakal melakukan pembangunan Rel Kereta Api untuk menghubungkan Yogyakarta dengan Borobudur di Magelang. Rencananya rel kereta Yogyakarta-Borobudur dibangun tahun 2021.

Pembangunan jalur kereta api Yogyakarta-Borobudur, sebagian akan dikerjakan dengan reaktivasi jalur lama. Sementara sisanya dibangun di jalur baru yang konsepnya sejalan dengan Tol Yogya-Bawen.

“(Rel Yogyakarta-Borobudur) akan dikombinasi. Mungkin kita akan ikut jalan tol-nya di mana, jalan kereta api-nya akan sejalan dengan jalan tol, jadi pembebasan lahannya sekaligus,” kata Anggota DPR RI Sujadi ketika meninjau rencana Pembangunan Jalur Kereta APi Magelang-Jogja ini.

PENULIS : Miftahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: