Pemkab Magelang Terbitkan Panduan Ibadah Selama Puasa 2020

(Beritamagelang.com) Kantor Pemkab Magelang (Foto : Internet)

beritamagelang.com, MUNGKID—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang menganjurkan masyarakat untuk beribadah dirumah selama bulan puasa tahun ini (2020). Hal itu tertuang di Surat Edaran (SE) Bupati Magelang Nomor: 451/1342/01.03/2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H ditengah Pandemi COVID-19.

Didalam SE yang ditandatangi oleh Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto, umat Islam diwajibkan menjalankan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri dengan baik berdasarkan ketentuan fikih ibadah. Serta tetap mematuhi anjuran pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus corona.

”Tidak perlu melakukan sahur on the road dan buka bersama,cukup dilakukan sendiri atau keluarga inti dirumah masing-masing,” ungkap Sekda Kabupaten Magelang sekaligus Koordinator Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Magelang Adi Waryanto, kemarin (23/4/2020).

Baca juga : Pendemi Corona Inilah Daftar Makanan Bergizi Untuk Sahur

Selanjutnya, Tilawah atau Tadarus Al-Qur’an dilakukan dirumah masing-masing. Sesuai perintah Rasulullah SAW untuk menyinari rumah dengan Tilawah Al-Qur’an.

Serta ditiadakan Nuzulul Qur’an dalam bentuk tabligh dan menghadirkan penceramah dan massa berjumlah besar, baik di lembaga pemerintah, swasta, masjid maupun mushala.

”Meniadakan buka puasa bersama baik dilaksanakan di instansi atau lembaga swasta, masjid dan lainnya. Kemudian Sholat Tarawih dilakukan secara individu atau berjamaah bersama keluarga inti, termasuk tidak melakukan i’ktikaf sepuluh malam terakhir” papar Adi.

Sementara itu, berdasarkan update data kasus Covid-19  di Kabupaten Magelang perhari kemarin (23/4/2020) pukul 15.00 WIB. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat sebanyak 14 kasus dan 82 kasus dinyatakan pulang kondisi membaik. Serta kasus positif corona ada 7 kasus dan ada 2 kasus dikonfirmasi sembuh.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) sebanyak 132 kasus tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Magelang. (Mifta)

1 thought on “Pemkab Magelang Terbitkan Panduan Ibadah Selama Puasa 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: