Pemkab Usul Exit Tol Bawen Jogja di Palbapang Mungkid

BAWEN : Tol Bawen Jogja diusulkan memiliki exit tol di kawasan Palbapang Mungkid. FOTO : ISTIMEWA)

BeritaMagelang, MUNGKID— Pemerintah Kabupaten Magelang mengusulkan exit tol Bawen Jogja untuk dibangun di kawasan Palbapang Mungkid. Sehingga lebih dekat dengan Candi Borobudur.

Kepala Bidang Tata Ruang Pengembangan Wilayah dan Infrastruktur, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda dan Litbangda) Kabupaten Magelang, Didik K Sofian, mengatakan saat ini sedang dilakukan proses pemetaan kawasan tol di wilayah Kabupaten Magelang. Setelah itu akan dilakukan penetapan lokasi.

“Pintunya kita cari yang bisa seefektif mungkin untuk wisatawan berkunjung ke Borobudur. Itu yang kita minta. Bupati mintanya di Palbapang, tapi belum kita dapatkan,” ujar Didik.

Menurut Didik, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih menyusun peta fix jalan tol Bawen-Yogyakarta. Setelah peta tersebut jadi, baru dapat dilakukan penetapan lokasi. Penetapan lokasi akan dilakukan bersama antara perintah pusat dengan Gubernur Jawa Tengah. Pemerintah kabupaten yang dilalui jalan tol hanya dimintai rekomendasi atau persetujuan.

“Kalau gambar ya paling baru gambar indikatif. Belum sampai ke pembebasan lahan. Masih jauhlah. Secara normatif pegadaan tanah untuk kepentingan umum itu kewenangan Gubernur,” kata Didik. (*)

PENULIS : Miftahuddin/int

BACA : TRADISI WETON JAWA UNTUK TENTUKAN PASANGAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: