Pendemi, Ini Tips Makanan Buka Puasa

(beritamagelang.com) Berbuka puasa (Foto : Internet)

beritamagelang.com, NASIONAL—Saat ini umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa 2020. Namun puasa tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena pandemi COVID-19.

Saat kondisi seperti sekarang, kita harus dapat menjaga imunitas tubuh lebih exstra dibanding sebelumnya. Sebab diketahui dengan imunitas baik dapat menangkal virus corona masuk ke tubuh.

Agar dapat menjaga imunitas tubuh ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi saat berbuka puasa. Berikut beberapa makanan untuk berbuka puasa yang dihimpun beritamagelang.com :

Pisang

Pisang adalah  makanan yang sering kita jumpai apalagi saat bulan puasa, biasanya dijadikan berbagai jenis takjil berbuka puasa Ternyata pisang dapat membantu menjaga imunitas tubuh sebab buah ini mengandung vitamin B6.

Vitamin B6 sendiri dapat  membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, pisang mengandung nutrisi untuk menyeimbangkan gula darah, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan serta mengandung antioksidan kuat sehingga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit.

Kurma

Kurma merupakan salah satu makanan yang sering disantap oleh Nabi Muhammad saat di  bulan puasa. Bahkan umat muslim dianjurkan untuk sahur dan berbuka puasa dengan beberapa kurma.

Ternyata kurma mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Antara lain dapat menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan dan mengandung selenium, mangan, tembaga, magnesium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Kurma juga mengandung tannin yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi imunitas pada tubuh dari berbagai penyakit.

Baca juga : Pemkab Magelang Terbitkan Panduan Ibadah Selama Puasa 2020

Jeruk

Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C dapat mengurangi resiko gejala flu dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu jeruk sebagai pembersih alami karena mengandung Flavonoid yang dapat meningkatkan aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati untuk mengeluarkan racun.

Delima

Buah delima kaya akan vitamin C dan anti-inflamasi yang berguna dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh dan risiko terinfeksi virus atau bakteri. Selain itu buah ini mengandung antioksidan yang dapat mencegah kolesterol jahat didalam tubuh.

Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam dan kangkung banyak mengandung serat, vitamin, antioksidan dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru.

Selain kelima makanan tersebut, anda juga bisa mengkonsumsi teh  hijau. Sebab cenderung sedikit mengandung kafein dibanding teh biasa. Dan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung flavonoid dan polifenol.

Selanjutnya anda harus cukup minum air putih agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Berguna untuk membantu melawan penyakit dan menjaga saluran pernafasaan serta tenggorokan tetap bersih. (Mifta)

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: