Pengunjung Indogrosir Sleman Jalani Rapid Test Massal Kedua

(beritamagelang.com) ILUSTRASI : Rapid test massal (Foto : Internet)

beritamagelang.com, SLEMAN – Rapid Diagnostic Test (RDT) lanjutan kembali dilakukan Pemkab Sleman kepada pengunjung Indogrosir di Gor Pangukan, Sleman, Selasa-Rabu ini (19-20/5). Pengunjung yang hasil sebelumnya nonreaktif akan menjalani Rapid Test lanjutan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo mengatakan RDT ini untuk mencegah penyebaran COVID-19 dari klaster Indogrosir. Dengan mengetahui hasil RDT, maka dapat segera dilakukan tindakan cepat untuk penanganannya.

“Target peserta sama seperta pelaksanaan RDT massal pertama, yakni 500 orang per hari. RDT akan dimulai pukul 09.00-14.00 WIB. Untuk menghindari kerumuhan dibagi dalam lima sesi, per sesi 100 orang,” jelasnya.

Baca juga : Warga Kota Magelang Dihimbau Sholat Idul Fitri di Rumah

Seperti diketahui, Rapid Test pertama bagi pengunjung Indogrosir telah dilaksanakan pada 12-14 Mei 2020. Dari 1.227 peserta, 52 orang di antaranya reaktif. Kemudian pada 16 Mei 2020, sebanyak 7 ASN yang juga mengunjungi Indogrosir pada periode 19 April-4 Mei 2020 juga dinyatakan reaktif.

“Mereka kini menjalani isolasi di Asrama Haji DIY dan diswab untuk uji PCR guna mengetahui positif atau negatif COVID-19,” ungkapnya.

Bagi pengunjung Indogrosir yang nonreaktif, wajib menjalani RDT kedua. Hari ini RDT dikhususkan bagi pengunjung Indogrosir nonreaktif hasil tes pada 12-13 Mei 2020. Sedangkan besok, RDT bagi peserta nonreaktif pada tes 14 Mei dan 16 Mei.

Dijelaskan, pelaksanaan RDT dengan protokol ketat, di antaranya peserta harus memakai masker dan datang 15 menit sebelum pelaksanaan sesuai dengan waktu saat pendaftaran. Hal lain yang harus dibawa peserta, yakni KTP atau atau fotokopi Kartu Keluarga (KK) bagi yag belum memiliki KTP dan membawa struk belanja.

Joko menambahkan, mengenai hasil swab untuk 59 yang reaktif RDT pertama, belum diketahui hasilnya. “Sebab belum semuanya diswab. Masih ada 24 orang yang belum menjalani uji swab,” pungkasnya. (fahrur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: