PNS Temanggung Diwajibkan Beli Bawah Putih Lokal

(beritamagelang.com) Kantor Bupati Temanggung (foto : internet)

beritamagelang.com, TEMANGGUNG—Pemerintah Kabupaten Temanggung membuat kebijakan dengan mewajibkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) diwajibkan membeli bawang putih hasil petani lokal minimal 2 kilogram. Hal tersebut sebagai upaya untuk membantu para petani karena harga bawang putihnya anjlok.

Menurut Bupati Temanggung M Al Khadziq, kewajiban tersebut karena tahun ini program APBN bawang putih volumenya menurun akibat pandemi covid-19. Kemudian untuk pembelian di lingkungan Pemkab Temanggung akan dikoordinir oleh Sekda Pemkab Temanggung Agung Prabowo.

”Teknisnya nanti bisa langsung membeli bawang putih di petani atau gapoktan atau penangkar bawang putih,” ungkapnya beberapa waktu lalu (4/5/2020).

Baca juga : Jaga Stabilitas Pangan Warga Kades di Srumbung Sumbangkan Tanah Bengkoknya

Jumlah PNS di Kabupaten Temanggung sekitar 6 ribu orang sehingga bila setiap orang membeli 2 kilogram maka 12 ton bawang putih petani lokal akan terserap. Selain itu Pemkab Temanggung juga melakukan langkah-langkah lain guna membantu para petani yang harga bawang putihnya tengah anjlok.

”Kami telah berkirim surat kepada Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Pertanian dan Gubernur Jawa Tengah. Kami berkomunikasi untuk mengambil langkah-langkah mengatasi permasalahan tersebut,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya meminta Menteri Koordinator Perekonomian agar menyetop impor bawang putih, lalu kepada Menteri Pertanian meminta membeli bawang putih petani program APBN. Dan mewajibkan importir bawang putih membeli komoditas lokal tersebut dari Kabupaten Temanggung.

”Kita juga memohon kepada Pak Gubernur Jateng untuk menyetop masuknya bawang impor ke Jateng, paling tidak disaat panen raya ini supaya harga bawang putih petani bisa naik,” kata Khadziq.

Tambahnya, ia terima kasih kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang telah menanggapi permintaan para petani yang sekarang sedang dilakukan koordinasi dengan pihak terkait. ”Gubernur juga berinisiatif mewajibkan PNS di lingkungan Pemprov Jateng untuk membeli bawang putih petani Temanggung,” pungkasnya. (Mifta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: