Pria Asal Tegalrejo Diringkus Setelah Upload Video Hoax di Facebook

(beritamagelang.com) saat konferensi pers online mengenai kasus video hoax oleh Sat Reskrim Polres Magelang (Foto : Istimewa)

beritamagelang.com, MAGELANG— Seorang laki-laki berinisial MJ (29) warga Tegalrejo pasrah ketika personil  Satuan Cyber Polres Magelang mendatangi kediamannya. Hal itu terjadi karena dia kedapatan memposting video penangkapan pencuri yang ternyata hoax.

MJ yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan tersebut memposting sebuah video hoax di grub facebook Info Cegatan Magelang dan Sekitarnya Sabtu kemarin (25/4/2020). ”Saat itu, MJ  memposting sebuah video penangkapan pencuri. Dan caption dalam postingannya menyebutkan penangkapan pencuri di daerah Borobudur,” ungkap Kasat Reskrim Polres Magelang, AKP Hadi Handoko dalam konferensi pers online siang ini (30/4/2020).

Setelah ditelusuri, video tersebut hoax dan tidak benar terjadi di daerah Borobudur Kabupaten Magelang. Kemudian tim Cyber Polres Magelang mendatangi rumah MJ untuk meminta klarifikasi.

”MJ dengan nama akun Facebok Rizka Playstasion mengakui telah memposting hal itu,” jelas dia.

Baca juga : Pendemi, Ini Tips Makanan Buka Puasa

Hadi menjelaskan setelah dilaksanakan penyelidikan dan klarifikasi, pelaku sudah memposting permohonan  maaf.  ”kemarin, MJ telah memosting permintaan maaf karena telah memposting video hoax di grup tersebut,” imbuhnya.

Tambah dia, sebenarnya MJ  telah terbukti melakukan tindak pidana setiap orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan. Dimana mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat 1 UU ITE.

“Namun MJ kooperartif dan dengan unsur tidak sengaja. Serta memiliki niat untuk saling mengingatkan dan dia sudah meminta maaf maka tidak dilakukan penahanan,” tutur Hadi.

Dia berharap kejadian ini menjadi edukasi bagi masyarakat Magelang khususnya para netizen. Supaya lebih menyaring terlebih dahulu sebelum disebarkan. “Dan perlu diingat Patroli Polisi Cyber Polres Magelang selalu memantau grup-grup media sosial yang ada di Magelang,” pungkasnya. (Mifta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: