Punya KPR? Ini Cara Ajukan Keringanan Kredit

beritamagelang.com, NASIONAL— Masyarakat terdampak ekonomi akibat Covid-19 bisa mengajukan keringanan kredit. Termasuk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana menjelaskan keringanan yang akan diberikan tidak sama antar bank. Semua akan bergantung kesepakatan antara kreditur dan debitur.

Lantas, bagaimana cara nasabah yang terdampak virus corona untuk mendapatkan keringanan pembayaran KPR?

Direktur Konsumer PT Bank CIMB Niaga Tbk Lani Darmawan menyatakan nasabah dapat mengajukan keringanan untuk melunasi KPR dengan menghubungi perusahaan di nomor 14041. Nantinya, nasabah harus memberikan dokumen atau informasi yang membuktikan jika dirinya terdampak penyebaran virus corona.

“Nasabah bisa mengajukan lewat 14041, ada persyaratan untuk pengajuan dan juga info yang memperlihatkan dampak covid-19 (virus corona) sesuai dengan pengajuan,” ucap Lani, kemarin.  

Beberapa dokumen atau informasi yang dimaksud, kata Lani, bergantung dari situasi masing-masing nasabah. Jika nasabah adalah korban pemutusan hubungan kerja (PHK), maka harus ada dokumen dari perusahaan yang membuktikan hal tersebut.

“Ada beberapa analisa tergantung dari situasi nasabah secara individual. Apakah karena pegawai terkena PHK, usaha menurun, atau tutup karena virus corona, dan lain-lain,” jelas Lani. 

Menurutnya, keringanan pembayaran KPR yang akan diberikan bentuknya bermacam-macam. Lani menyatakan nasabah bisa saja diberikan penundaan waktu untuk membayar pokok utang, bunga, atau bisa keduanya.

“Bisa berbagai skema tergantung kondisi,” imbuh Lani. (Int)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: