Pura-Pura Beli Bensin, Warga asal Magelang Gondol Belasan Juta di SPBU Mlati Sleman

(beritamagelang.com) Ilustrasi (Foto : Internet)

Beritamagelang.com, SLEMAN – Berpura-pura hendak membeli bensin. Pria asal Kajoran Magelang nekat menggondol uang sebesar Rp 12,8 juta di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Mlati, Sleman.

Kapolsek Mlati Kompol Hariyanto mengatakan peristiwa itu terjadi pada Senin (15/6) pukul 19.00 WIB. Aksi pencurian itu berada di SPBU Jalan Magelang Km 4, Sinduadi, Mlati, Sleman.

“Pelaku berpura-pura membeli bensin di SPBU itu, ketika datang di lokasi pelaku SR lantas memarkirkan kendaraan dekat laci meja penyimpanan uang,” Kata Haryanto Senin (29/6/2020).

Haryanto menyebut pelaku memanfaatkan kelengahan karyawan SPBU dan kemudian mengambil uang senilai total Rp 12,8 juta di laci. Uang tersebut kemudian dimasukkan ke tas ransel yang telah dipersiapkan pelaku, lalu pelaku pergi meninggalkan SBPU.

“Petugas SPBU itu sedang sibuk mengisi BBM di motor pelaku, saat lengah pelaku langsung bergerak menggasak uang di laci dan mendapatkan Rp 12,8 juta,” ujarnya.

Baca juga : Manfaat dan Kekurangan Jamur Enoki yang Disebut Mengandung Bakteri Listeria

Aksi pencurian tersebut baru diketahui saat petugas SPBU melihat ada beberapa uang tercecer di lokasi. Petugas yang curiga kemudian mengecek laci penyimpanan uang dan mendapati laci telah kosong.

Dari situ polisi lalu melacak identitas pelaku pencurian. Pelaku akhirnya diringkus pada Kamis (18/6).

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Mlati Iptu Dwi Nor Cahyanto mengatakan dari hasil pemeriksaan, pelaku ternyata juga telah melakukan aksi serupa di lima SPBU. Lokasi pencurian yaitu di empat SPBU Sleman, dan satu di luar Yogyakarta.

“Modusnya memang pelaku pura-pura beli bensin kemudian ambil uang di laci, yang di SPBU Mlati hasil pencurian terbesar. Di tempat sebelumnya hanya dapat Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta,” ujar Iptu Dwi.

Kepada polisi pelaku mengaku uang hasil pencurian digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Termasuk membayar utang dan membeli ponsel serta foya-foya ke tempat hiburan.

“Dari puluhan juta uang yang dicuri (dari lima TKP) tersisa Rp 267 ribu karena telah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan di tempat hiburan,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, pelaku kini mendekam di sel tahanan Mapolsek Mlati. Polisi menjerat pelaku dengan Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun kurungan penjara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: