Tak Perlu Kecil Hati, Berikut Pekerjaan Yang Bisa Ditekuni setelah Lulus SMA

(beritamagelang.com) Ilustrasi kelulusan SMA (Foto : Internet)

beritamagelang.com, NASIONAL – Setiap orang setelah lulus SMA ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Akan tetapi, tidak semua orang beruntung memiliki kekuatan finansial dan kesempatan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Bagi yang belum bisa berkesempatan untuk kuliah, jangan berkecil hati karena untuk seseorang dengan ijazah pendidikan terakhir tingkat SMA juga bisa berkarir di bidang-bidang pekerjaan keren ini lho, sambil mengumpulkan uang untuk kuliah:

Asisten Pilot

Kamu bisa berkarier di bidang aviasi atau industri penerbangan, karena disini hanya menggunakan ijazah SMA saja.

Bagi siswa lulusan SMA khususnya jurusan IPA, bisa berkesempatan bekerja menjadi asisten pilot. Terlebih lagi saat ini ada beberapa perusahaan penerbangan yang membuka pelatihan untuk menjadi pilot bagi lulusan SMA.

Baca juga : Inilah Prakiraan Cuaca Magelang Hari ini

Dengan ketekunan dan kesabaran seorang lulusan SMA juga bisa sukses menjadi pilot nantinya sehingga tidak ada alasan untuk minder karena tidak bisa kuliah.

Anak Buah Kapal

Selain bisa berkarir di udara, lulusan SMA juga bisa melaut dengan menjadi anak buah kapal (ABK).

Profesi ini membutuhkan keunggulan fisik serta mental karena akan berada di lautan jauh dari rumah selama berbulan-bulan. Bagi kamu yang tertarik menggeluti profesi ini, bisa mengikuti seleksi ataupun berbagai pelatihan untuk menjadi ABK.

Menjadi ABK juga memerlukan skill pada bidang tertentu yang dibutuhkan selama pelayaran. Pastikan untuk mencari tahu banyak informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjadi ABK.

Kelebihan dari profesi ini adalah kamu bisa memiliki banyak pengalaman karena pekerjaan ini akan membawa pekerjanya berkeliling ke banyak tempat ataupun negara sekaligus. Sehingga akan sangat menarik bagi siapapun yang memang berminat menjadi ABK.

Penulis

Menjadi penulis bisa ditekuni oleh siapapun, termasuk bagi lulusan SMA selama memiliki hasrat dan hobi untuk menulis.

Maraknya media untuk menyalurkan hobi menulis saat ini tentu menjadi keuntungan bagi yang ingin berkarir menjadi penulis setelah lulus SMA. Saat ini juga banyak media online yang membutuhkan jasa penulis lepas yang tidak membutuhkan latar belakang pendidikan khusus.

Bakat menulis bisa diasah selama masih duduk di bangku sekolah seperti dengan menulis puisi, curhatan di diary, menulis untuk mading, ataupun untuk majalah sekolah.

Salah satu jenis profesi yang berhubungan dengan menulis yang cocok untuk lulusan SMA adalah menjadi content writer untuk konten digital yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan.

Banyak perusahaan yang tidak mematok spesifikasi pendidikan tertentu untuk mengisi posisi ini, selama kandidat memilki kemampuan untuk menulis dengan baik sesuai kebutuhan perusahaan.

Menjadi penulis juga bisa dilakoni secara full time ataupun sebagai pekerjaan sampingan (freelance).

TNI/Polri

Menjadi aparat keamanan negara baik itu TNI ataupun kepolisian bisa menjadi opsi karir selanjutnya setelah lulus SMA. Kamu bisa masuk ke dalam akademi TNI ataupun Polri sebagai jenjang pelatihan dan pendidikan awal menjadi aparat keamanan negara.

Akan tetapi, untuk mengikuti seleksi dalam akademi tersebut membutuhkan persyaratan dan ketentuan yang ketat. Sehingga pastikan seluruh persyaratan tersebut sudah terpenuhi untuk membuka jalan sebagai abdi negara.

Membuka usaha sendiri

Berwirausaha atau memulai usaha sendiri juga merupakan pilihan tepat selepas SMA.

Dengan berwirausaha, kamu telah membuka lapangan pekerjaan untuk diri sendiri dan setelah usaha berkembang nantinya juga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Membuka usaha sangat cocok bagi yang hobi berbisnis. Ada banyak peluang bisnis yang bisa dipilih mulai dari bisnis skala rumahan, bisnis online, ataupun bisnis skala besar.

Menjadi pengusaha butuh perencanaan matang dan terukur. Jangan ragu untuk memulai bisnis sedari muda karena sudah ada banyak contoh anak-anak muda yang sukses dengan bisnis yang dirintisnya.

Selain pilihan pekerjaan di atas, masih banyak lagi bidang pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan SMA seperti menjadi pengajar bimbingan belajar, customer service, bertani, operator produksi, pengimput data, dan jenis pekerjaan lainnya.

Bekerja sejak lulus SMA bukan pilihan yang buruk karena kesuksesan bisa datang kepada siapa saja, tanpa memandang tingkat pendidikannya selama dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

Terpenting adalah pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan passion dan hobi serta kemampuan. Sehingga saat menjalaninya bisa dilakukan dengan perasaan senang dan tidak terpaksa. (fahrur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: