Terdampak Covid-19,Forum CSR Kota Magelang Bantu Penderita Thalasemia

beritamagelang.com, MAGELANG— Dinas Sosial Kota Magelang melalui Forum TJSLP/CSR  Kota Magelang memberikan bantuan paket sembako sebanyak 85 paket. Bantuan diberikan kepada Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalasemia Indonesia (POPTI) Thalasemia.

Nantinya paket bantuan akan diberikan kepada 11 anak thalasemia, 11 orangtua anak, dan 63 paket untuk warga pendamping. Paket bantuan diberikan di Pendopo Pengabdian komplek Rumah Dinas Walikota Magelang, kemarin (28/4/2020)

Baca juga : Boros Kuota Internet Selama WFH Simak Tips Menghematnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Joko Budiyono menuturkan bantuan untuk meringankan penderita Thalasemia, apalagi saat ini sedang ditengah pandemi Covid-19. ”Bantuan itu tidak seberapa namun  semoga dapat bermanfaat,” ungkapnya.

Bantuan juga diberikan kepada warga pendamping Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Cemara di Kelurahan Tidar Selatan, Kedungsari, dan Rejowinangun Utara. Serta untuk warga yang masuk Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri dan warga kurang mampu.

Sementara itu Ketua POPTI Thalasemia Magelang  dr Woro Triaksiwi Wulansari berharap bantuan itu  bisa mengurangi beban penderita thalasemia. Serta bagi orangtua dari anak thalasemia karena tidak jarang para orangtua kini tidak memiliki pendapatan semenjak  pendemi virus corona.

”Saya harap Pemerintah Kota Magelang  terus memberikan pemberdayaan kepada penderita thalassemia,” paparnya.

Serta kemudahan agar penderita thalasemia mudah mendapat  izin di tempat kerja saat akan berobat. Sebab  mereka sering  kesulitan mendapat izin dari perusahaan atau bagi pelajar  yang sekolah untuk izin tranfusi darah. karena harus izin tiga hari untuk transfusi darah setiap bulan.

Thalasemia sendiri merupakan penyakit kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya hemoglogin (HB) atau protein pembawa oksigen dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal. Untuk mengatasi penyakit tersebut dapat dilakukan dengan transfusi darah rutin. (Mifta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: