Tetangganya positif, satu RT di Purworejo di Isolasi

(beritamagelang) ILUSTRASI : warga sedang menjalani rapid test (Foto : Internet)

beritamagelang.com, PURWOREJO—Wilayah RT  1 Kelurahan Baledono Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo ditutup. Karena belasan warga diduga terinfeksi Covid-19 klaster Gowa.

Lurah Baledono Firman Isyanto menuturkan ada satu warganya mengikuti ijtima di Gowa beberapa waktu lalu, sempat pulang kerumah sebelum melapor. Sehingga 134 warga dalam satu RT menjalani isolasi mandiri.

“Warga tersebut dinyatakan positif covid-19 hasil swab, saat ini sudah berada diruang isolasi RSUD dr Tjitrowardojo bersama istri dan anaknya,” ungkapnya hari ini (1/4/2020).

Dengan adanya kasus itu, pihak kelurahan berinisiatif melakukan rapid test kepada puluhan warga RT 1 Baledono. Yang disinyalir pernah berinteraksi dengan warga tersebut.

“Dari rapid test  yang dilakukan dua kali, pertama diikuti 23 orang dengan hasil negatif. Kemudian kedua kalinya diikuti 33 orang dengan hasil 15 orang reaktif corona hasil rapid test,” paparnya.

Firman menjelaskan, dengan adanya 15 warganya reaktif  corona hasil rapid test maka dilakukan penutupan wilayah. Warga RT 1 diminta isolasi mandiri di rumah masing-masing dan melarang warga keluar masuk wilayah.

Baca juga : Pemkab Magelang Potong 50 Persen Gaji Pegawai Non PNS

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian mengapresiasi langkah yang dilakukan warga RT 1 kelurahan Baledono tersebut.  Sebagai upaya cepat pemutusan penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah itu.

“Jika nanti setelah swab dan hasilnya ada yang positif, maka  akan dievakuasi,” katanya.

Tambah Bastian, isolasi mandiri cukup dilaksanakan di rumah lantaran baru berdasar rapid test. Nantinya, akan diberikan bantuan kebutuhan pokok kepada 42 KK di wilayah tersebut. (Mifta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: