Unik : Masker Galon Ala Warga Yogyakarta

(beritamagelang.com) viral menggunakan masker dari galon (foto : internet)

beritamagelang.com, YOGYAKARTA—Cara unik dilakukan oleh salah satu sukarelawan pengatur lalu lintas di Yogyakarta. Yakni menggunakan galon sebagai alat pelindung dari infeksi Covid-19.

Alih-alih menggunakan masker, Pria bernama Ali Akbar, 52 tahun, tersebut lebih nyaman menggunakan galon yang telah didesainnya sendiri sebagai pengganti masker.  ”Penggunaaan galon ini bisa mengurangi risiko penularan serta mengurangi penggunaan masker,” ungkapnya, kemarin (5/5/2020).

Awal mulanya, Ali terinspirasi dari para petugas medis yang biasa mengenakan APD lengkap ketika bertugas. Sedangkan ia memilih yang praktis dan memanfaatkan galon yang ada.

”Saya keluar rumah untuk bekerja memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menggunakan masker kain sangat merepotkan. Malah membuat pengap dan kesulitan bernafas. Sedangkan yang masker medis, stoknya terbatas jadi saya berinisiatif menggunakan galon,” jelasnya.

Dia merasa dengan menggunakan galon sebagai pengganti masker, dapat menghirup udara dari lubang di dasar sekaligus untuk masuk kepalanya. Juga dari atas dan lubang kecil yang dibuat di depan hidung dan mulut sehingga pernafasan stabil.

Baca juga : ODP, Berikut Kisah Pilu Seorang Ayah di Magelang Tak Bisa Bertemu Bayinya

Selain itu, Ali juga memajang tulisan tangan dibelakang galon itu dengan kalimat ”BERSAMA MELAWAN CORONA”. Serta acap kali dia menyapa orang dengan menerapkan salam menggunakan siku.

”Galon ini juga rutin saya cuci, saya bersihkan. Banyak pengendara yang memperhatikan saat saya memakainya,” kata Ali.

Hampir setiap hari, dia menjadi sukarelawan pengatur lalu lintas sejak pukul enam pagi. Kemudian beristirahat sekitar pukul 12.00 WIB dan pulang ke rumahnya menjelang Magrib. (Mifta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: