Waduh, Kemenkominfo Temukan 800 Berita Hoaks Selama Pandemi Covid-19

(beritamagelang.com) HOAKS: Salah satu produk berita hoaks yang merebak selama pandemi covid-19. (Foto: internet)

(beritamagelang.com) HOAKS: Salah satu produk berita hoaks yang merebak selama pandemi covid-19. (Foto: internet)

beritamagelang.com, NASIONAL— Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menemukan 800 berita bohong alias hoaks selama pandemi virus corona. Ratusan berita palsu di media sosial tersebut berisi informasi atau kabar terkait covid-19.

”Ini sesuai dengan rilis yang disampaikan Kemenkominfo kepada para pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Indonesia,” kata Sekretaris KIM Pamekasan Hebat Pamekasan Fathol Arifin, baru-baru ini (4/6).

Pada musim pandemi corona, Kemenkominfo memanfaatkan KIM se-Indonesia agar bisa membantu menyampaikan informasi di media blog yang dikelolanya. Selain itu, Kemenkominfo juga sering menyampaikan rilis tentang temuan adanya berita hoaks yang banyak menyebar di media sosial; seperti facebook, twitter dan instagram.

Menurut Arif, sapaan karib Fathol Arifin, selama musim corona berita bohong yang banyak beredar di media sosial memang kebanyakan tentang virus corona. Ada juga yang berisi tentang serbuan Tenaga Kerja Asing (TKA) dan sejumlah peristiwa penting lainnya.

”Fakta ini menunjukkan bahwa hingga sekarang masih marak beredar berita bohong, sehingga masyarakat perlu mewaspadai fenomena tersebut,” jelasnya.

Sebagai kelompok masyarakat yang memiliki kepedulian dan komitmen pada bidang melek informasi, KIM berkomitmen untuk menyampaikan informasi yang mendidik dan seimbang. Bukan memojokkan, apalagi menyebarkan berita bohong. ”Berita bohong lainnya yang juga menjadi catatan Kemenkominfo RI tentang puasa Ramadhan harus mengulang,”  pungkasnya. (hanifah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: