Warga Kaget, Sungai di Salaman Keluarkan Gas dan Api

beritamagelang, SALAMAN— Sebuah kubangan di pinggir Kali Tangsi Dusun Drojogan Desa Sriwedari Kecamatan Salaman dilaporkan mengeluarkan api dan gas. Gas yang keluar diduga berjenis metan.

Informasi yang diperoleh beritamagelang.com, kemunculan fenomena aneh itu terjadi, kemarin siang (17/4). Warga pertma kali curiga dengan bau gas di pinggir sungai. Setelah diamati lubang kecil itu juga mengeluarkan api.

Temuan itu segera dilaporkan ke BPBD Kabupaten Magelang. Bersama polsek dan sejumlah jaringan relawan dilakukan pengecekan tadi malam.

Pengecekan sempat terkendala karena air sungai meluap dan menutup kubangan. Namun selang beberapa jam setelah sungai surut lubang kecil itu kembali terlihat dan nampak masih mengeluarkan gas.

”Sudah dilakukan pengecekan. Kita tidak tahu jenis apa dan kenapa karena harus ahli yang menjawab,” kata Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto, tadi malam.

Untuk mengantisipasi, pihaknya sudah menerjunkan tim ke lapangan. Petugas akan terus memantau perkembangan temuan tersebut.

Data yang dihimpun petugas BPBD di lokasi, semburan api kecil yang muncul ke permukaan diketahui warga hari Jumat, 17 April 2020 sekitar pukul 15.00 WIB. Di lokasi tersebut, pihaknya baru menemukan satu titik sumber api yang berada di tepi Sungai Tangsi di Dusun Drojogan.

Untuk sementara, Edy belum bisa memastikan penyebab munculnya gelembung dan kobaran api dari lubang tanah berlumpur. Hasil pengamatan dan kajian sementara, jenis gas yang dikeluarkan dari lubang tanah berlumpur adalah gas metana ”Kami akan menggandeng ahli untuk pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas dia. (miftahudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: