Wisata Baru Edukasi Ikan Air Tawar di Mungkid

(beritamagelang.com) (foto : istiimewa)

beritamagelang.com, MUNGKID – Wisata edukasi ikan air tawar ada di Dusun Ngrajek 3 Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Mina Wisata yang identik dengan ikan dan alam ditawarkan kepada wisatawan yang datang.

Wilayah tersebut sebelumnya memang terkenal menjadi salah satu kawasan pembibitan ikan air tawar terbesar di Jawa Tengah. Hampir sebanyak 70 persen warganya menjadi Petani Ikan air tawar.

Hal tersebut diketahui ternyata di kampung tersebut terdapat semua mudal atau mata air alami yang cukup besar. Dimana selama ini hanya dimanfaatkan untuk konsumsi, irigasi dan kolam-kolam warga.

“Jadi awal mulanya kita ingin memanfaatkan lebih lagi potensi yang ada di Dusun Ngrajek 3 Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid ini. Karena lokasi kita juga di jalur wisata Candi Borobudur dan Mendut maka potensi wisata yang kita kembangkan,” ungkap Ketua BUMDES Ngrajek, Yusuf Wardani.

Selanjutnya, warga dengan menggandeng komunitas peduli lingkungan yang ada di kampung tersebut mulai melakukan pembersihan kolam dan saluran irigasi.

“Kami juga sudah kerja sama dengan komunitas onthel tua, jadi wisatawan saat ambil paket wisata bisa keliling kampung dengan sepeda. Atau juga bisa jalan kaki mengikuti aliran air mudal hingga ke kolam-kolam warga,” ungkapnya.

Di Mina Wisata tersebut banyak paket ditawarkan oleh pengelolanya. Mulai dari Tuk Mudal Sumber Mata Air (sejarah), Susur kalen, Belajar di kolam soal ikan, kasih makan ikan; Tabur benih di sungai, Pemancingan (sungai atau kolam), tangkap ikan (pesen sawah dan ikan); umkm peyek petol dan lain-lain, Makan Ikan; Live in dan Ternak Luwak.

“Untuk biaya tergantung jumlah rombongan dan paket wisata mina yang diambil. Karena kami juga paket edukasi di ternak hewan luwak, paket pahat batu, paket tani juga. Untuk menginap selain live in juga tersedia homestay,” ujar Yusuf.

Dan perlu diketahui, lanjutnya untuk setiap kunjungan itu kurang lebih wisatawan akan memakan waktu selama 3 jam. “Jika ambil paket juga yang kerja sama dengan kami di laur dusun kayak pahat batu dan luwak bisa lebih lama lagi. Tinggal menyesuaikan kegiatan, seperti out bound juga bisa lama,” paparnya.

Ribuan ekor bibit ikan aneka jenis bisa dilihat dan dipelajarari. Termasuk juga induk induk ikan yang super jumpo berbagai jenis ada di Wisata Mina tersebut.

“Ya semoga dengan adanya wisata mina ini manfaat yang diterima warga lebih dari yang sudah ada. Bersama pasti bisa,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dusun Ngrajek 3 Maryadi mengatakan dengan gereget warganya tentunya pihak Pemerintah Desa mendukung sepenuhnya.

“Yang terpenting warga bisa jalani dahulu dan meningkatkan pola sadar wisatanya. Dan mereka siap menerima tamu dari luar, sehingga perekonomian bisa meningkat,” harapnya.

Dan bagi para wisatawan yang berkeinginan paket mina wisata, belajar sambil bermain bisa boking atau pesan dahulu. Bisa menghubungi Mas Nur di nomor Whatsapp 0857-9901-3072.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: